Workshop About Cyber Bullying PC. LP. Ma’arif Lamongan di UNISLA

workshop about cyber bullying
workshop cyber bullying PC LP Maarif NU Lamongan di Universitas Islam Lamongan

Workshop About Cyber Bullying di laksanakan oleh PC. LP. Ma’arif NU Lamongan dalam rangka peringatan Harlah ke-93 LP. Ma’arif NU dan Satu Abad Nahdlatul Ulama serta Peringatan Hari Santri Nasional 2022.

About Cyber Bullying menjadi tema workshop dengan menghadirkan pemateri yang memiliki kompetensi dalam bidang Bimbingan dan Konseling, yakni Bapak Wiryo Nuryono, S.Pd, M.Pd, Kepala Divisi K3 UNESA Surabaya dan Ibu Dinar Maghdalena Leksana, M. Pd selaku Dosen PIAUD UNISLA Lamongan.

Workshop yang di laksanakan di Universitas Islam Lamongan (UNISLA) pada Jumat, 23 September 2022 tersebut membahas hal-hal yang tengah viral di media social terkait Bullying.

Rangkaian kegiatan Harlah ke-93 LP. Ma’arif NU Lamongan di Universitas Islam Lamongan merupakan bentuk dukungan UNISLA kepada LP. Ma’arif NU dalam menyemarakkan kegiatan Harlah serta satu abad Nahdlatul Ulama dan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022.

Baca Juga: Kegiatan Harlah Ke-93 LP. Ma’arif NU di PC. LP. Ma’arif Lamongan

Lalu apa sebenarnya yang di makasud dengan Cyber Bullying dan apa dampaknya? Simak dalam penjelasan di bawah ini.

Apa yang itu Cyber Bullying?

Bullying adalah tindakan penindasan atau kekerasan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang secara sadar dan berulang dengan tujuan menyakiti korbannya yang tak berdaya.

Nah, sedangkan Cyber Bullying adalah tindakan intimidasi melalui media sosial elektronik yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang sehingga membuat korbannya tidak berdaya

Cyberbullying dapat terjadi melalui media digital yang saat ini berkembang, mulai dari media sosial, platform chatting, platform bermain game, dan ponsel.

Menurut Think, cyberbullying adalah perilaku agresif dan bertujuan yang dilakukan suatu kelompok atau individu, menggunakan media elektronik, secara berulang-ulang dari waktu ke waktu, terhadap seseorang yang dianggap tidak mudah melakukan perlawanan atas tindakan tersebut.

Jadi, terdapat perbedaan kekuatan antara pelaku dan korban cyberbullying ini. Perbedaan kekuatan tersebut dalam hal ini merujuk pada sebuah persepsi kapasitas fisik maupun mental.

Tindakan Cyber Bullying bertujuan untuk menyakiti korban dengan cara menyebarkan aib ke pihak ketiga atau publik pada platform media social.

Faktor Penyebab Perilaku Cyber Bullying

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya cyberbullying, antara lain:

  1. Kebencian terhadap seseorang/perilaku seseorang
  2. Tidak mampu mengontrol emosi
  3. Cenderung berprasangka negatif terhadap orang lain
  4. Tidak bisa memahami perasaan dan keinginan orang lain
  5. Kurang terampil dalam menyelesaikan masalah-masalah social
  6. keterampilan interaksi sosial yang rendah

Silahkan baca dan unduh selengkapnya materi workshop About Cybey Bullying yang diselenggarkan oleh PC. LP. Ma’arif NU Lamongan disini:

Materi Wiryo Nuryono, S.Pd, M.Pd Unduh
Materi Dinar Maghdalena Leksana, M. Pd Unduh

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.