Standar Pendidikan Ma’arif NU (SPMNU)

standar pendidikan ma'arif nu
standar pendidikan ma'arif nu

PC. LP. Ma’arif NU Lamongan – Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab bersama Pemerintah dan masyarakat yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan memperjuangkan kemajuan bangsa dengan mengacu pada kerangka dasar pendidikan yang tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, PP No. 19 Tahun 2005 tentang SNP, serta peraturan perundang-undangan lainnya.

Nahdlatul Ulama adalah komponen masyarakat yang ikut serta dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sosial keagamaan, termasuk aspek pendidikan.

LP Ma’arif NU merupakan perangkat departementasi NU yang bertugas melaksanakan program dan kebijakan pendidikan dan pengajaran dasar dan menegah formal.

Untuk menjalankan fungsi tersebut, Lembaga merumuskan Standar Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (SPMNU) sebagai pedoman bagi pengembangan pendidikan yang dijalankan melalui sekolah/madrasah di lingkungan Nahdlatul Ulama’.

Standar Pendidikan Ma’arif NU (SPMNU) mencakup prinsip-prinsip dasar dan spesifik bagi peningkatan keunggulan dan kekhasan pendidikan Ma’arif.

Implementasi SMPNU diharapkan mampu menjadikan satuan satuan pendidikan di lingkungan NU melahirkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT., menjunjung tinggi dan mengamalkan paham Islam Ahlussunah Waljama’ah, berilmu pengetahuan, memiliki kecakapan hidup; dan berdaya saing.

Sekolah/madrasah Ma’arif merupakan pusat pengembangan budaya yang mampu memberikan keteladanan secara fisik, sosial maupunnilai dan sikap dalam mengamalkan ajaran Islam berhaluan Ahlussunah Waljama’ah, baik di lingkungan madrasah/sekolah maupun dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dengan jatidiri seperti itu, Sekolah/madrasah dibawah naungan LP. Ma’arif NU memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Menjadikan Ahlussunah Waljama’ah sebagai paham kekhasan dan keunggulan;
  • Memelihara serta menjaga suasana keagamaan di sekolah/madrasah dalam hal amaliyah ibadah, pergaulan, dan akhlakul karimah dalam perilaku sehari-hari sesuai dengan ajaran Aswaja;
  • Menekankan semangat penguasaan IPTEK yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara untuk mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat;
  • Menjadikan Mabadi Khaira Ummah sebagai landasan manajemen yang merefleksikan nilai-nilai kebenaran/ kejujuran, kepercayaan, keadilan, gotong royong, konsistensi terhadap kebenaran, kerja keras, serta menjunjung tinggi nilai amal kerja dan prestasi sebagai bagian dari ibadah kepada Allah SWT.

Nilai yang terkandung dalam jati diri dan karateristik diatas menjadi landasan dari rumusan Standar Pendidikan Ma’arif NU yang mencakup 8 unsur dalam sekolah/madrasah Ma’arif, yaitu:

  • Standar Pengelolaan;
  • Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  • Standar Kurikulum;
  • Standar Kompetensi Lulusan;
  • Standar Proses;
  • Standar Penilaian;
  • Standar Penilaian; dan
  • Standar Pembiayaan

Silahkan download Buku Standar Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ (SPMNU) dibawah ini:

You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.