Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022

konferensi besar konbes nu 2022
konferensi besar konbes nu 2022

Maarif Lamongan – NU menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) yang di laksanakan pada tanggal 20-22 Mei 2022 esok dan di gelar tanpa di barengi Munas Alim Ulama. Karena Konbes ini agenda utamanya tentang tata kelola organisasi, antara lain untuk memutuskan berbagai aturan tentang sistem kaderisasi.

Ketua Panitia KONBES NU 2022 mengungkapkan bahwa Konferensi Besar ini strategis dan spesifik, yang betul-betul akan melahirkan keputusan yang bisa menjadi pegangan untuk pengelolaan organisasi ke depan,” dikutip dari NU Online, pada Selasa (17 Mei 2022).

Lebih lanjut, Umarsyah menjelaskan bahwa AD/ART NU mengharuskan untuk menggelar Konbes dan Munas minimal dua kali dalam satu masa khidmah kepengurusan PBNU.

Umarsyah mengungkapkan bahwa Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) Tahun 2022 yang digelar di Hotel Yuan Garden, Jakarta Pusat itu terdapat dua komisi, yaitu komisi tata kelola organisasi dan kaderisasi.

Konbes NU 2022 rencananya akan di buka pada Jumat malam dan akan di rangkai dengan halal bihalal seluruh pengurus PBNU beserta PWNU seluruh Indonesia. Lalu, dilanjut dengan agenda sidang-sidang hingga penutupan KONBES NU 2022 pada Sabtu malam. Dan di lanjut pada Ahad seluruh peserta KONBES 2022 NU dipersilakan untuk kembali pulang.

Ketua Panitia menyebutkan, total peserta yang akan hadir 250 hingga 275 orang. Peserta terdiri dari mustasyar, syuriyah, a’wan, tanfidziyah, ketua-ketua lembaga dan badan khusus, serta ketua badan otonom dan ditambah ketua serta sekretaris PWNU seluruh Indonesia.

Penyelenggaraan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama Tahun 2022 ini tetap akan mematuhi protokol kesehatan. Tim Panitia juga telah menyiapkan berbagai hal agar kesehatan para peserta tetap terjaga.

Tujuan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (KONBES NU)

Konferensi Besar Nahdlatul Ulama’ 2022 bertujuan untuk menterjemahkan perintah dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga NU hasil Muktamar Ke-34 NU yang berlangsung di Lampung pada Desember 2021 lalu. Selain itu, Konbes NU 2022 akan menerjemahkan berbagai konsep yang ditawarkan Ketua Umum PBNU dan Rais ‘Aam PBNU.

Harapannya, Konbes NU 2022 akan menelurkan suasana kerja yang kompak. Terlebih, Gus Yahya saat ini menginginkan agar seluruh program PBNU harus sampai kepada para pengurus NU di level bawah.

*) Artikel ini sebelumnya telah tayang di nu.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.