Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022

Juknis KSM 2022
Juknis KSM 2022

Petunjuk Teknis (Juknis) KSM 2022 diatur melalui SK DIrektur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 2742 tahun 2022

Cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir kalangan masyarakat, terutama akses negatif yang muncul dan tidak dapat di pungkiri sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Alhasil, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan tersebut. Karena madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena madrasah tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi juga memberikan bekal ilmu agama.

Hal tersebut dapat terlihat dari semakin besar minat orang tua memasukkan putra-putri ke madrasah. Fakta ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola madrasah yang harus dijawab dengan langkah-langkah konkret.

Proses dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin di tingkatkan serta di tunjang dengan guru yang senantiasa meningkatkan kualifikasinya. Selain itu, untuk meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu diselenggarakan kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan dan mengembangkan potensi dan bakat yang mereka miliki.

Dengan begitu, maka madrasah dapat semakin mengejar ketertinggalan dari sekolah umum, bahkan sangat mungkin mengunggulinya. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah.

Adapun tujuan diselenggarakannya Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan ajang bagi siswa madrasah untuk mengembangkan potensinya di bidang sains
  • Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai agama.
  • Menumbuhkan serta mengembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah
  • Memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Download Petunjuk Teknis (Juknis) Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022

Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 menjadi pedoman bagi peserta, satuan pendidikan, serta penyelenggara baik di tingkat madrasah/sekolah, Kabupaten/kota, dan pada tingkat provinsi.

Silahkan unduh Petunjuk Teknis (Juknis) Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 pada tautan link berikut ini: Unduh File.

Bagi yang akan mengikuti kegiatan Kompetisi sains madrasah (KSM) 2022 ini, selamat berpartisipasi untuk meneguhkan prestasi membangkitkan negeri.

maarifnulamongan.or.id

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.